Tips Memilih Sepatu Untuk Olahraga Jalan Kaki

8

Seperti disampaikan pada artikel sebelumnya, berjalan kaki termasuk salah satu olahraga yang ringan tapi banyak manfaatnya. Apalagi bila dikombinasikan dengan berlari-lari kecil alias jogging. Nah, salah satu elemen yang tidak boleh diabaikan adalah pemilihan sepatu jalan. Sepatu yang nyaman, selain akan melindungi kaki Anda dari lecet, kapalan, atau cedera lain, juga akan membuat Anda lebih bersemangat untuk terus latihan. Sehingga olah fisik yang satu ini bisa menjadi kegiatan rutin Anda sehari-hari. Atau setidaknya seminggu tiga kali.

Tips dasar dalam memilih sepatu latihan adalah sepatu tersebut harus enak dipakai dan bentuknya sesuai dengan kaki Anda. Tidak perlu terlalu mengedepankan mode karena belum tentu model yang sedang trend akan sesuai dengan kebutuhan Anda kali ini.

Berikut ini beberapa tip yang berguna dalam memilah dan memilih sepatu jalan:

  • Belanja di toko yang memiliki banyak pilihan dan Anda bebas berkeliling untuk memelih dan mencoba setiap pasang sepatu.
  • Supaya ukurannya pas, pakailah kaus kaki yang sama yang Anda pakai saat berjalan. Jika memungkinkan, belanja sepatu dilakukan setelah Anda latihan, sehingga kaki masih agak bengkak dan pegal.
  • Ketika mencoba sepatu, jangan hanya satu sisi. Semua harus dicoba. Ada kalanya kaki yang satu berukuran lebih besar daripada sebelahnya.
  • Lekukan telapak kaki juga mempengaruhi. Entah Anda mempunyai lekukan yang dalam, atau malah rata sama sekali, cari sepatu yang cocok dengan telapak kaki Anda.
  • Selalu mencoba beberapa model sepatu dan berjalanlah keliling toko. Hanya beli sepatu setelah Anda yakin sudah menemukan satu pasang yang ternyaman dan paling pas dengan kaki.
  • Pilih sepatu yang lebar. Jika kaki Anda lebar untuk ukuran perempuan, cobalah sepatu untuk kaum pria. Sepatu yang dipilih harus pas, bukan yang sempit.
  • Untuk latihan jalan, pertimbangkan membeli sepatu lari dengan sol yang rendah. Desainnya kadang sudah lebih maju dibandingkan dengan sepatu untuk berjalan dan sepatu jenis itu biasanya lebih kuat.
  • Semakin sering Anda berlatih jalan, akan semakin sering harus membeli sepatu baru. Biasanya setiap 3-6 bulan. Juga tergantung pada seberapa keras permukaan tempat Anda berjalan.
  • Jika Anda sudah cocok dengan sepatu jalan yang Anda beli, kembalilah ke toko untuk membeli jenis yang sama. Barangkali dengan warna yang berbeda. Sebab, perusahaan sepatu punya kebiasaan untuk tidak melanjutkan produksi satu model.
  • Plus, dengan adanya cadangan sepatu, Anda bisa memakainya bergantian. Sepatu lari akan lebih awet jika lebih sering dipakai.