4 Cara mengatasi tangan berkeringat yang mudah dicoba

By | March 25, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Tangan yang mudah berkeringat sering kali mengganggu aktivitas yang sedang Anda jalani. Apalagi jika Anda melakukannya dengan orang lain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada banyak cara mengatasi tangan berkeringat yang bisa Anda coba.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat membuat tangan berkeringat. Mengutip dari Sweat Block (sweatblock.com), tangan yang berkeringat bisa terjadi karena Anda sedang cemas, stres, atau berada di ruangan bersuhu tinggi.

Saat stres, suhu tubuh akan meningkat. Kondisi itu direspons oleh kelenjar keringat dengan memproduksi lebih banyak keringat. Selain menghindari hal-hal yang membuat Anda stres, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan supaya produksi keringat di tangan berkurang.

Minum Air Putih

Cara mengatasi tangan berkeringat yang pertama adalah dengan minum banyak air putih. Minum air putih dapat menurunkan suhu tubuh sehingga produksi keringat pun berkurang. Selain itu, minum air putih juga bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rasa gugup saat presentasi atau berbicara di depan umum

Minyak Kelapa

Jika Anda mencari antiperspiran alami, maka minyak kelapa adalah jawabannya. Cobalah untuk memakai minyak kelapa di seluruh telapak tangan Anda setelah mandi atau mencuci tangan. Selain mengurangi keringat, minyak kelapa juga mampu melembutkan kulit tangan Anda.

Teh Sage

Sweat Block mengatakan bahwa teh yang terbuat dari daun sage bisa mengurangi keringat yang muncul di tangan. Antiperspiran dan astringen alami yang terkandung dalam teh sage mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi keringat dapat berkurang.

Caranya, rebus empat hingga lima kantung teh sage. Setelah mendidih, diamkan dulu sampai airnya dingin. Selanjutnya, rendam tangan Anda pada air rebusan teh sage selama 30 menit. Usahakan untuk melakukan hal itu secara rutin, ya.

Baca Juga: 4 Penyebab keringat dingin ini perlu Anda perhatikan

Air Mawar, Cuka Apel, Lemon

Air mawar, cuka apel, dan lemon bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi tangan berkeringat.

Air mawar juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi tangan berkeringat, lo. Sama seperti teh sage, air mawar mampu mempersempit pori-pori kulit sehingga keringat di tangan menjadi berkurang. Tak hanya itu, air mawar juga cukup mudah untuk Anda temukan.

Pertama, celupkan kapas ke dalam air mawar lalu gosokkan kapas tersebut di seluruh area tangan. Selain air mawar, Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel dan air lemon. Namun, pastikan untuk mencuci tangan setelah cuka apel atau air lemon mengering.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *