Coba 5 cara menurunkan kolesterol secara alami ini, yuk

By | March 24, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Kolesterol dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi secara normal. Namun, saat jumlahnya terlalu banyak, risiko pembentukan plak meningkat sehingga berpengaruh pada aliran darah Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cara menurunkan kolesterol secara alami perlu segera Anda lakukan.

Liver memproduksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, jumlahnya bisa terus bertambah saat Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol. Jika jumlah kolesterol semakin tak terkontrol, risiko penyait jantung, stroke, atau penyakit lain semakin tinggi.

Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Namun, akan lebih baik jika Anda menurunkan kolesterol dengan cara-cara yang alami. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Teh Hijau

Mengutip dari Prevention (prevention.com), katekin dalam teh hijau mampu mengurangi produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jika Anda ingin menurunkan jumlah kolesterol, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Baca Juga: Anda penderita kolesterol? ini minuman dan makanan yang bisa menurunkan kolesterol

Cokelat Hitam

Mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate termasuk salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami, lo. Menurut sebuah penelitian, jumlah kolesterol jahat bisa menurun setelah Anda mengonsumsi cokelat hitam dua kali sehari selama satu bulan.

Flavonoid atau salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik sehingga kesehatan Anda dapat terjaga. Jika Anda ingin mendapat manfaat itu, usahakan untuk mengonsumsi minimal 70% cokelat hitam.

Biji-Bijian Utuh

Prevention mengatakan bahwa mengonsumsi 5-10 g biji-bijian utuh, seperti oatmeal, mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat. Serat yang terkandung di dalamnya akan dicerna tubuh lebih lama.

Artinya, kolesterol bisa terikat dengan darah dan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk mengonsumsi biji-bijian utuh setiap hari, ya. Anda bisa menambahkan makanan bergizi lain supaya kesehatan tubuh lebih terjaga.

Baca Juga: Ini makanan dan minuman yang efektif menurunkan kolesterol

Stroberi

Stroberi berguna sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Cara menurunkan kolesterol secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi stroberi. Banyaknya polifenol yang terkandung dalam stroberi mampu menurunkan kolesterol sehingga peradangan dan arteri tersumbat bisa Anda hindari.

Alpukat

Alpukat tidak boleh ketinggalan dari daftar makanan yang dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Lemak tak jenuh tunggal dan serat dalam alpukat mampu menurunkan kolesterol secara keseluruhan hingga 18 poin.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *