Hati-hati! 5 Penyebab mimisan ini tak banyak disadari

By | March 16, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Mimisan adalah suatu hal yang umum terjadi dan sebenarnya tidak berbahaya. Namun, Anda tetap perlu mewaspadainya karena bisa jadi tanda kondisi kesehatan yang lain. Dengan mengetahui penyebab mimisan, Anda menjadi lebih mudah untuk mendapat perawatan yang tepat.

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), ada dua tipe mimisan, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior. Mimisan anterior adalah jenis mimisan yang cukup sering terjadi dan bisa diobati di rumah.

Mimisan anterior terjadi saat pembuluh darah di pembatas anatara dua rongga hidung terganggu. Sedangkan mimisan posterior terjadi di bagian rongga hidung yang lebih dalam. Untuk menghindari hal-hal itu, Anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya.

Kondisi Kesehatan

Seperti yang telah dikatakan, mimisan bisa jadi tanda kondisi kesehatan Anda. Penyakit ginjal, penyakit jantung, atau penyakit jantung bisa menyebabkan mimisan secara tiba-tiba. Biasanya, penyakit itu juga dibarengi dengan gejala lain, misalnya sakit kepala atau sesak napas.

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan mimisan, lo. Kebiasaan itu membuat darah dalam tubuh sulit menggumpal sehingga mimisan pun keluar. Selain itu, alergi dan meniup hidung terlalu keras juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Baca Juga: Gejala dan cara mencegah polip hidung ini perlu Anda tahu

Benda Asing

Penyebab mimisan lainnya yang disebutkan oleh Everyday Health adalah benda asing yang masuk ke rongga hidung. Biasanya, faktor ini lebih sering dialami oleh anak-anak yang selalu penasaran dengan hal baru. Misalnya, memasukkan mainan atau benda di sekelilingnya ke rongga hidung.

Mengupil

Selain benda asing, mengupil juga bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan anak-anak mimisan. Orang dewasa pun bisa mengalaminya jika tidak sengaja mengupil atau menggaruk bagian hidung terlalu keras hingga melukai bagian dalam hidung.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, 5 penyebab batuk beradarah ini

Udara Kering

Pemanas ruangan atau cuaca yang dingin dapat membuat bagian dalam hidung kering sehingga lebih mudah iritasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah itu. Misalnya, menggunakan semprotan hidung atau nasal pray dan memakai humidifier.

Jenis Obat Tertentu

Jenis obat tertentu juga bisa jadi penyebab mimisan, lo. Aspirin, obat antikoagulan, atau jenis obat lain yang memengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mimisan. Jika Anda mengalami hal itu, segera konsultasikan pada dokter, ya.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *