Makanan apa saja yang mengandung karbohidrat? Sila disimak

By | March 10, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Fungsi utama nutrisi itu adalah sebagai penyedia energi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh memiliki energi yang cukup untuk melakukan banyak hal.

Selain menjadi sumber energi, masih banyak fungsi lain yang dimiliki karbohidrat. Mulai dari menjaga kesehatan sistem pencernaan, fungsi otak, hingga kondisi otot. Tentu saja tubuh yang kekurangan karbohidrat tidak dapat berfungsi secara optimal.

Namun, Anda perlu memilih makanan berkarbohidrat yang benar. Alih-alih mengonsumsi keripik kentang, soda, permen, atau sereal dengan pemanis buatan, Anda bisa memilih sumber karbohidrat lain yang lebih sehat.

Jagung

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), 100 g jagung mengandung 25 g karbohidrat. Tidak hanya itu, dalam takaran yang sama, Anda bisa mendapat 3.36 g protein, vitamin C, dan jenis nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat, ada manfaat jagung lain yang bisa Anda dapat. Jenis makanan itu mampu menurunkan jumlah gula darah dan tekanan darah Anda. Jadi, cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan hipertensi.

Baca Juga: Rambut jagung bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus

Oatmeal

Makanan karbo selanjutnya yang perlu Anda konsumsi secara rutin adalah oatmeal. Dalam segelas oatmeal, Anda bisa mendapat 27 g karbohidrat, 5 g protein, dan 4 g serat. Dengan mengonsumsi jenis makanan itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Artinya, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan berlebih pun dapat berkurang. Cobalah untuk memasukkan oatmeal dalam menu diet sehat Anda. Kombinasikan dengan makanan bergizi lainnya supaya terasa lebih sehat. Tak hanya cocok untuk diet, oatmeal juga sehat untuk jantung.

Mangga

Mangga juga termasuk dalam makanan yang mengandung karbohidrat, lo. Dalam satu gelas mangga, terdapat sekitar 24 gkarbohidrat. Selain itu, ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam mangga. Mulai dari serat, vitamin C, kalium, dan vitamin A.

Pisang

Salah satu makanan yang mengandung karbohidrat adalah pisang.

Dalam sebuah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 27 g karbohidrat. Tidak berhenti sampai di situ, pisang adalah salah satu jenis buah dengan kandungan kalium yang banyak. Medical News Today mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya kalium bisa menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Catat! Ini 5 hal yang memicu gula darah naik

Kurma

Kurma termasuk makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak boleh Anda lewatkan. Selain mengandung banyak karbohidrat, jenis buah kering yang identik dengan bulan ramadan ini memiliki banyak serat, vitamin A, kalium, dan fosfor.

Kacang Merah

Jika Anda mencari makanan karbohidrat, kacang merah bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Anda bisa mendapat 21 g karbohidrat, 7 g protein, dan 8 g serat dari mengonsumsi satu gelas kacang merah. Kandungan dalam jenis kacang itu juga efektif mengatasi inflamasi di usus besar.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *