3 Jenis olahraga ini efektif menurunkan berat badan

By | March 6, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Jika salah satu tujuan kita di tahun 2021 ini adalah untuk menurunkan berat badan, maka kita harus tahu bahwa tidak semua olahraga dibuat sama. Oleh sebab itu, kita sebaiknya memulai berbagai macam olahraga baru yang sesuai, dan dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih efisien dan efektif.

Nah, berikut ini adalah tiga jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk membantu kita mencapai tujuan penurunan berat badan secara efektif.

1. Kardio

Latihan pertama yang banyak dilakukan orang saat ingin menurunkan berat badan adalah kardio. Meskipun bagus untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori, kardio bukanlah olahraga paling efisien yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Kardio memang penting dalam menurunkan berat badan, tetapi untuk benar-benar meningkatkan hasilnya, kita juga perlu menambahkan beberapa latihan untuk membangun otot. Kardio adalah bagian penting dari rutinitas olahraga apa pun, dan kita harus memasukkannya ke dalam rutinitas mingguan bersama dengan latihan kekuatan.

Tidak semua latihan kardio sama dalam hal penurunan berat badan, tetapi semua jenis kardio penting untuk disertakan dalam program latihan yang seimbang. Ada pun dua jenis kardio yakni yang intensitasnya tinggi high intensity interval training (HIIT) dan yang intensitasnya rendah low intensity steady state (LISS).

Baca Juga: Pentingnya membaca label kemasan untuk mencegah obesitas

HIIT adalah olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu singkat. Jenis gerakan dalam olahraga ini pun beragam seperti lari sprint, joging, jalan kaki, atau bersepeda. Sementara, LISS adalah olahraga kardio dengan tingkat aktivitas yang rendah dalam waktu yang lama dan dengan kecepatan tetap.

Kardio ini efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat membantu membakar kalori, meskipun kemungkinan akan tetap lebih rendah daripada HIIT. Dalam hal penurunan berat badan, penelitian menunjukkan, HIIT lebih efektif daripada melakukan kardio dengan LISS.

Namun, apabila kita khawatir tentang persendian saat mengikuti latihan HIIT, latihan kardio dengan intensitas rendah adalah pilihan yang bagus.

Baca Juga: Masih perlu alasan untuk tidur siang? Catat 10 manfaat berikut

Editor: Wahyu T.Rahmawati



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *