5 Rekomendasi obat darah tinggi alami ini perlu Anda coba

By | March 1, 2021


Sehatdong.com – Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari riwayat kesehatan keluarga, usia, pola makan, hingga pola hidup yang kurang sehat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat darah tinggi alami.

Rutin melakukan olahraga juga bisa Anda lakukan supaya tekanan darah tubuh menjadi lebih terkontrol. Mengutip dari Afpafitness.com, usahakan untuk olahraga minimal lima hingga 10 menit dalam sehari.

Selain itu, pastikan untuk membatasi konsumsi garam atau makanan yang mengandung banyak sodium. Hal itu dapat membuat tekanan darah Anda semakin tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda untuk mengatasi hipertensi.

Oatmeal

Bagi penderita hipertensi, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal secara rutin. Jenis makanan itu mengandung banyak serat serta sedikit lemak dan sodium sehingga cocok dimasukkan dalam menu makanan sehari-hari.

Cobalah untuk mengkombinasikannya dengan sayur atau buah kesukaan Anda.

Baca Juga: 6 Makanan dan minuman yang baik dikonsumsi para penderita darah rendah

Cokelat hitam

Obat darah tinggi selanjutnya yang perlu Anda coba adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Flavonoid dalam cokelat hitam berpengaruh baik untuk kesehatan jantung.

Namun, pastikan untuk mengonsumsinya tanpa pemanis buatan, ya.

Teh

Teh bisa jadi salah satu obat darah tinggi alami.

Mengonsumsi teh bisa jadi cara menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup efektif. Melansir Afpafitness.com, minum satu hingga dua gelas teh selama 12 hari dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Apalagi, jika Anda memilih hibiscus tea karena jenis teh itu mengandung lebih banyak flavonoid.

Baca Juga: 5 Jus buah dan sayur yang efektif menurunkan kolesterol tinggi

Jahe

Jenis bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah jahe. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama-tama, potong jahe menjadi beberapa bagian lalu rebus hingga mendidih. Minum air rebusan jahe yang sudah didinginkan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kedelai

Siapa yang suka kedelai? Ternyata jenis kacang itu cocok dijadikan obat darah tinggi alami, lo. Isoflavon dalam kedelai mampu meningkatkan produksi enzim yang dapat melebarkan pembuluh darah. Hasilnya, tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Anda bisa mengolah kacang kedelai menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya adalah membuatnya dalam bentuk salad. Hidangan apapun yang ingin Anda buat, pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang benar supaya manfaatnya tidak hilang.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *