Cocok jadi obat jerawat, ini 4 manfaat cuka apel untuk Anda

By | February 17, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Ada banyak manfaat cuka apel yang bisa Anda dapat. Mulai dari obat jerawat, mengontrol jumlah gula darah, dan lain sebagainya. Tentu saja kegunaan itu bisa Anda dapat jika Anda menggunakannya secara rutin.

Ada beberapa cara menggunakan cuka apel yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengolahnya bersama makanan bergizi lain, seperti salad, atau mencampurnya dalam segelas teh hangat. Namun, pastikan untuk selalu mencampur cuka apel dengan air.

Jika tidak, dikhawatirkan lambung dan saluran pencernaan Anda tidak tahan dengan zat asam yang terkandung dalam cuka apel. Begitu pula jika Anda menggunakannya langsung pada kulit. Dengan cara menggunakan cuka apel yang benar, cuka apel memberikan manfaat yang berguna untu tubuh Anda.

Obat Jerawat

Mengutip dari Foreo (foreo.com), cuka apel mengandung antibakteri dan astringen alami yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan noda hitam di kulit. Anda hanya perlu mengaplikasikan cuka apel pada wajah selama 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 5 Bahan masker rambut alami yang bisa digunakan dengan mudah, apa saja?

Mengatasi Masalah Rambut

Tidak hanya berguna untuk mengobati jerawat, cuka apel juga bisa Anda pakai untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut, lo. Mulai dari ketombe hingga rambut kering dan mengembang. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campur air dan cuka apel dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, gunakan campuran tersebut sebagai pengganti sampo dan kondisioner. Usahakan untuk memakai cuka apel secara rutin agar ketombe hilang dan rambut terlihat berkilau.

Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat gula darah adalah mengontrol gula darah Anda.

Manfaat cuka apel selanjutnya yang disebutkan Foreo adalah bahan alami tersebut mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi cuka apel untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 4 Bahan alami yang bisa menghilangkan bau ketiak

Pemutih Gigi

Apakah Anda mencari pemutih gigi? Jika iya, cobalah untuk menggunakan cuka apel. Manfaat cuka apel tersebut berasal dari zat asam yang terkandung di dalamnya. Anda hanya perlu mencampur segelas air dengan 1 sdt cuka apel.

Gunakan campuran itu untuk berkumur. Dengan begitu, bekas kopi atau jenis noda lain yang menempel di gigi bisa hilang. Namun, karena kandungan asamnya yang kuat, sebaiknya hanya gunakan cuka apel sesekali. Jika tidak, enamel gigi bisa rusak dan justru menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *