5 Rekomendasi obat memar, efektif dan mudah dicoba

By | January 18, 2021


Sehatdong.com – Memar muncul ketia pembuluh darah pecah akibat kecelakaan atau luka. Biasanya, kondisi tersebut bisa hilang sendiri. Namun, Anda bisa memakai obat memar untuk menyamarkan dan mempercepat proses penyembuhan.

Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempatkan memar lebih tinggi dari jantung. Hal itu akan membuat cairan menjauhi area memar dan mampu mengurangi sakit yang Anda rasakan.

Posisi memar yang lebih tinggi dari jantung juga mampu mengurangi tekanan sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Selain itu, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba supaya memar bisa hilang dengan lebih cepat.

Terapi es

Mengutip dari Healthline, menggunakan es secara langsung setelah kecelakaan dapat mengurangi aliran darah menuju bagian tubuh yang terluka. Tak hanya menyamarkan kemunculan memar, es batu juga dapat mengurangi pembengkakan yang muncul.

Caranya, balut sebungkus es batu atau sayuran dingin dengan handuk kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terluka. Lakukan cara tersebut selama 10 menit. Anda bisa mengulanginya tiap 20 menit sampai rasa sakit mereda.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab bibir bengkak yang perlu Anda perhatikan

Krim vitamin K

Obat memar selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah krim vitamin K. Vitamin K adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh supaya darah bisa menggumpal.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Oleskan krim tersebut pada memar minimal dua kali dalam sehari.

Lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai obat memar.

Selain krim vitamin K, memar juga bisa diobati dengan memakai lidah buaya. Antiinflamasi dalam bahan alami tersebut mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang muncul akibat memar.

Namun, Anda perlu berhati-hati jika memiliki tipe kulit sensitif untuk menghindari efek samping.

Baca Juga: Ingus berdarah? Yuk, kenali arti warna ingus yang Anda keluarkan

Vitamin C

Selain vitamin K, Healthline menyebutkan, vitamin C juga dapat mengatasi memar yang Anda alami karena mengandung antiinflamasi.

Anda bisa menggunakan produk berbahan dasar vitamin C atau mengonsumsi vitamin tersebut dalam bentuk suplemen. Makan buah dan sayur pun bisa jadi pilihan.

Nanas

Tahukah Anda bahwa nanas juga bisa dijadikan obat memar? Bromelain, salah satu kandungan dalam nanas, berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat memar.

Anda bisa mengonsumsi buah nanas secara langsung atau minum suplemen bromelain.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *