5 Penyebab benjolan di kepala ini perlu Anda waspadai

By | January 13, 2021


Sehatdong.com – Benjolan di kepala bisa muncul karena berbagai macam faktor. Mulai dari reaksi alergi, folikel rambut yang tersumbat, dan kondisi kesehatan yang lain.

Meski tak semua penyebabnya berbahaya, Anda tetap perlu mengatasi kondisi tersebut dengan cara yang benar.

Benjolan yang muncul di kepala Anda biasanya ditandai dengan gejala yang lain. Mulai dari rasa gatal, benjolan berwarna merah, dan kulit di sekitar benjolan menjadi bersisik.

Beberapa penyebab benjolan juga mampu membuat benjolan mengandung nanah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi kesehatan dan penyebab benjolan.

Beberapa penyebab benjolan adalah folikulitis, jerawat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ada benjolan di telinga, perlu Anda ketahui gejala dan penyebabnya

Folikulitis

Mengutip dari Healthline, folikulitis adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh kerusakan folikel rambut. Biasanya, benjolan yang muncul juga dibarengi dengan keluarnya nanah.

Anda bisa mengatasinya dengan memakai sampo antibakteri atau kompres. Jika kondisi tersebut tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai.

Jerawat

Tak hanya muncul di wajah, jerawat juga bisa muncul di kepala, lo. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada kemunculan kondisi tersebut. Mulai dari pori-pori tersumbat, infeksi bakteri, hingga perubahan hormon dalam tubuh.

Benjolan di kepala itu bisa menimbulkan rasa sakit, gatal, dan kemerahan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencuci rambut secara rutin supaya minyak tak menumpuk.

Memakai produk perawatan rambut yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih pun dapat Anda coba.

Alergi

Healthline menyebutkan, produk perawatan dan kondisi lingkungan tertentu bisa menimbulkan benjolan di daerah kepala Anda. Anda perlu menghindari penyebab alergi dan mencuci rambut dengan air dingin supaya rasa tidak nyaman dari benjolan bisa berkurang.

Baca Juga: Inilah penyebab mata bintitan dan cara mengobatinya

Kanker kulit

Benjolan di kepala yang dibarengi dengan rasa sakit berulang kali bisa jadi salah satu tanda munculnya kanker kulit. Anda tak perlu khawatir karena kanker kulit bisa diatasi, apalagi jika Anda melakukan perawatan di masa awal kemunculannya.

Psoriasis

Jika kulit kepala Anda terasa gatal dalam jangka waktu lama, bisa saja itu menjadi tanda adanya psoriasis. Masalah kulit kronis tersebut termasuk dalam salah satu penyakit autoimun yang perlu mendapat perawatan medis.

Menggunakan sampo khusus dan mencucinya dengan air hangat juga bisa jadi salah satu cara mengurangi rasa gatal.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *