Mulai dari keju hingga yogurt, ini makanan yang mengandung kalsium

By | January 12, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Tak hanya bermanfaat untuk tulang dan gigi, tubuh membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan sistem saraf. Salah satu cara supaya kebutuhan kalsium harian tubuh tercukupi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Melansir Healhtline (healthline.com), orang dewasa direkomendasikan untuk memenuhi 1.000 mg kalsium per hari. Tentu saja orang tua berusia lebih dari 50 tahun membutuhkan jumlah kalsium yang lebih banyak, yaitu 1.200 mg kalsium per hari.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan anak-anak pun berbeda. Untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan, sebaiknya anak-anak mendapat 1.300 mg kalsium per hari. Sayangnya, masih banyak orang yang kekurangan kalsium.

Padahal, ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan itu. Mulai dari seafood, sayuran hijau, buah kering, tahu, dan produk olahan susu, seperti keju, yogurt, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini 11 makanan yang harus dihindari jika mengalami heartburn

Keju

Keju termasuk dalam makanan yang mengandung kalsium.

Setiap jenis keju mengandung jumlah keju yang berbeda-beda. Keju parmesan mengandung jumlah kalsium yang paling besar, yaitu 331 mg kalsium dalam 28 g keju parmesan. Mengonsumsi keju sebagai sumber kalsium adalah salah satu pilihan terbaik karena kalsiumnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi keju bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Meski demikian, usahakan untuk tidak mengonsumsi keju secara berlebihan karena kandungan lemak dan sodiumnya justru bisa mengganggu kesehatan.

Yogurt

Selain keju, yogurt juga termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kalsium. Anda bisa mencukupi 30% kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi 245 g plain yogurt. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat nutrisi yang lain, seperti vitamin B12, kalium, fosfor, dan bakteri probiotik.

Susu

Susu tidak boleh dilewatkan dalam daftar makanan yang mengandung kalsium. Dalam 237 ml susu sapi, Anda bisa mendapat 276 mg hingga 352 mg kalsium. Sedangkan dalam 237 ml susu kambing, Anda bisa mendapat 327 mg kalsium.

Baca Juga: 5 Cemilan sehat ini bisa jadi cara diet alami

Almond

Healthline merekomendasikan kacang almond untuk Anda konsumsi secara rutin karena bisa memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Dalam 22 kacang almond, Anda bisa memenuhi 8% kebutuhan kalsium harian Anda.

Tak hanya memiliki banyak kalsium, kacang almond juga mengandung nutrisi lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam kacang almond adalah lemak sehat, protein, vitamin E, dan magnesium.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *