Bahan alami bisa jadi skincare untuk kulit berminyak, lo

By | January 9, 2021


Sehatdong.com – Sama seperti pemilik tipe kulit lainnya, kulit berminyak membutuhkan perawatan sehingga masalah kulit bisa hilang. Ada banyak pilihan skincare untuk kulit berminyak yang bisa Anda coba.

Mulai dari scrub, toner, hingga bahan alami yang digunakan sebagai masker. Minyak alami dibutuhkan kulit supaya kelembabannya tetap terjaga.

Namun, saat minyak terproduksi dalam jumlah yang berlebihan, hal itu bisa menyumbat pori-pori. Sehingga, bisa menimbulkan masalah kulit di wajah Anda.

Supaya masalah kulit bisa teratasi dengan baik, usahakan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Dikutip dari The Urban Guide, sebaiknya menggunakan foaming atau gel cleanser. Fungsinya agar kotoran dan minyak berlebih bisa hilang dengan baik.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mencuci wajah terlalu sering karena justru membuat kulit kering. Saat kulit kering, kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak lagi sehingga justru mengganggu kondisi kulit.

Baca Juga: 4 Cara mencerahkan wajah terbaik dan perlu dicoba

Selain menggunakan pencuci wajah yang sesuai, ada skincare untuk kulit berminyak lainnya yang perlu Anda coba. Beberapa di antaranya adalah scrub, toner, dan masker wajah.

Scrub

Tak hanya berguna untuk mengangkat sel kulit mati, menggunakan scrub secara rutin juga berfungsi untuk mencegah produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cobalah untuk menggunakan scrub secara lembut minimal sekali dalam seminggu.

Toner

Dilansir dari The Urban Guide, toner adalah produk perawatan yang bisa melembabkan kulit dengan baik. Anda dapat menggunakan toner setelah mencuci wajah dengan sabun.

Tak hanya mengatasi wajah berminyak, toner juga mampu mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Yuk, coba 4 manfaat lemon untuk wajah ini

Masker

Selain pisang, stroberi juga bisa diolah menjadi masker sebagai skincare untuk kulit berminyak.

Skincare untuk kulit berminyak selanjutnya yang perlu Anda gunakan secara rutin adalah masker wajah. Meski ada banyak jenis masker yang dijual di pasaran, tidak ada salahnya untuk membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami.

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak dan ingin menghilangkan noda hitam serta mencegah tanda penuaan, cobalah untuk memakai masker yang terbuat dari pisang. Caranya, hancurkan sebuah pisang dan tambahkan dua tetes air lemon.

Aduk dua bahan tersebut hingga berbentuk pasta lalu gunakan pada wajah. Setelah didiamkan selama beberapa saat, bilas dengan air hangat.

Selain pisang, bahan alami lain yang bisa Anda pakai untuk masker adalah timun, stroberi, lidah buaya, dan lain sebagainya.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *