Cara mengatasi overthinking agar tidak mengganggu pikiran dan aktivitas sehari-hari

By | January 5, 2021


Sehatdong.com – Overthinking adalah perilaku berpikir secara berlebihan. Overthinking bisa menjadi kebiasaan buruk yang berakibat fatal mengganggu hidup dan kesehatan Anda. 

Overthinking biasanya dialami seseorang ketika terjebak dalam pikiran yang penuh dengan “seandainya” dan “seharusnya”. Pikiran ini muncul ketika tidak puas dengan apa yang telah terjadi atau telah dilakukan. 

Contoh overthinking lain ketika seseorang terlalu lama menunda melakukan sesuatu karena sibuk dengan pikirannya sendiri. Berusaha berpikir dari berbagai sudut pandang untuk meminimalisir kegagalan namun justru kurang bertindak. 

Overthinking juga dapat membuat seseorang merasa terjebak di satu tempat. Jangan sampai mengganggu aktivitasmu, inilah beberapa cara mengatasi overthinking menurut Healthline:

Cari aktivitas baru

Alihkan perhatian dengan cara melakukan aktivitas baru. Melakukan sesuatu yang disukai seperti hobi dapat membuat hati senang sekaligus mengalihkan sikap overthinking.

Melakukan aktivitas baru seperti hobi juga bisa menjadi salah satu cara untuk lebih menikmati hidup. Bagi yang hobi berolahraga, ini bisa menghilangkan overthinking sekaligus menyehatkan badan. 

Baca Juga: Sutradara Wonder Woman 1984 puji Thor Ragnarok: salah satu film terbaik Marvel

Melihat dengan sudut pandang lebih luas

Seringkali seseorang dengan perilaku overthinking terlalu fokus memperhatikan hal kecil. Apalagi, hal kecil ini adalah sesuatu yang sudah lampau dan tidak bisa diubah lagi. 

Jika itu bukan hal yang penting untuk masa depan, maka hentikan memikirkan hal tersebut. Jika masih bisa diperbaiki di kesempatan selanjutnya, maka fokuslah pada cara menyelesaikan masalah. 

Jangan biarkan hal-hal kecil mengganggu pikiran dan menghambat aktivitas sehari-hari. 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *