Gejala dan penyebab benjolan di kaki ini perlu Anda ketahui

By | January 1, 2021


Sehatdong.com – JAKARTA. Benjolan di kaki bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari infeksi, tumor, trauma, dan lain sebagainya. Setiap orang mengalami benjolan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki benjolan lunak, keras, terasa sakit, atau tak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Tak semua benjolan disebabkan oleh kondisi yang parah. Bisa saja kondisi tersebut muncul karena gigitan serangga atau bisul. Namun, untuk berhati-hati, Anda tetap perlu waspada terhadap segala bentuk benjolan yang muncul.

Bisa jadi, benjolan disebabkan karena tumor atau kista. Jika tak segera diatasi dengan perawatan yang tepat, kondisi kesehatan Anda bisa lebih parah dan mengganggu kesehatan bagian tubuh yang lain. Maka dari itu, coba periksakan diri jika Anda memiliki benjolan yang tidak diketahui penyebabnya.

Gejala Benjolan di Kaki

Health Grades (healthgrades.com) mengatakan bahwa benjolan biasanya diikuti dengan gejala-gejalan lain. Beberapa di antaranya adalah memar, pendarahan, berwarna merah, terasa sakit, demam.

Baca Juga: Ini penyebab dan cara mencegah sakit leher

Munculnya benjolan juga dapat mengganggu sistem tubuh hingga membuat berat badan Anda berkurang, lo. Anda perlu segera menghubungi tenaga kesehatan, apalagi jika mengalami gejala lain yang lebih parah.

Misalnya, luka yang terbuka, pendarahan tak bisa berhenti, detak jantung meningkat, hingga munculnya goresan merah sepanjang kaki. Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Penyebab Benjolan di Kaki

Seperti yang telah dikatakan, ada banyak hal yang menyebabkan benjolan muncul di kaki. Health Grades mengkategorikan penyebabnya menjadi empat kelompok. Pertama, benjolan muncul karena trauma di dalam, seperti pendarahan, patah tulang, dan hematoma.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 4 tahapan gejala asam urat yang patut diwaspadai

Kedua, infeksi juga dapat menyebabkan seseorang memiliki benjolan di area kaki. Beberapa jenis infeksi yang dimaksud adalah infeksi virus, kuku tumbuh ke dalam, abses, dan selulitis. Ketiga, benjolan di kaki disebabkan pula karena peradangan, seperti osteoartritis, asam urat, dan kista.

Keempat, beberapa jenis tumor dan kanker juga mampu menimbulkan kondisi yang sama. Hal tersebut bisa semakin parah bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Jika tak segera diatasi dengan benar, benjolan bisa menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi yang dimaksud adalah amputasi, infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain, kemampuan gerak terbatas, dan lain-lain.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *