Hati-hati! 5 Makanan penyebab keputihan ini perlu Anda waspadai

By | December 30, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Keputihan merupakan salah satu hal alami yang dialami oleh semua wanita. Namun, ada beberapa jenis makanan yang justru memperparah kemunculannya. Makanan penyebab keputihan perlu Anda hindari supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Jika terjadi secara berlebihan, keputihan bisa menimbulkan infeksi jamur dan bau yang tidak sedap. Saat kondisi tersebut terus terjadi dan tak segera ditangani, bukan tidak mungkina kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan akan terganggu.

Melansir Bustle (bustle.com), makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan alkohol berpengaruh pada keputihan yang Anda keluarkan. Anda tak perlu benar-benar menghindarinya. Namun, pastikan untuk membatasi konsumsi jenis makanan dan minuman berikut.

Alkohol

Makanan penyebab keputihan pertama yang perlu konsumsinya perlu Anda batasi adalah alkohol. Jenis minuman ini bisa membuat Anda dehidrasi sehingga dapat mengganggu keputihan yang Anda alami. Saat dehidrasi, vagina akan kesulitan untuk memproduksi pelumas yang dibutuhkan.

Baca Juga: 7 Manfaat timun untuk kesehatan tubuh, bisa cegah kanker

Makanan Manis

Bustle mengatakan bahwa mengonsumsi makanan manis yang terlalu banyak bisa meningkatkan risiko infeksi jamur. Hal itu disebabkan karena jamur menyukai gula, apalagi di lingkungan yang lembab dan hangat.

Salah satu kebiasaan yang dapat menciptakan lingkungan seperti itu adalah ketika Anda tak segera mengganti celana setelah berolah raga. Hal tersebut menunjukkan bahwa penderita diabetes lebih rentan mengalami infeksi jamur yang mengganggu kesehatan vagina Anda.

Bawang Merah

Salah satu makanan penyebab keputihan dan mengganggu kesehatan vagina adalah bawang merah.

Tak hanya berpengaruh pada bau mulut, mengonsumsi bawang merah juga dapat membuat vagina berbau tak sedap. Hal itu disebabkan karena bau bawang merah keluar saat Anda buang air kecil. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda mengonsumsi bawang putih secara berlebihan.

Baca Juga: Cegah serangan asam urat, ini makanan yang perlu dikonsumsi penderita

Gorengan

Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, bisa menyebabkan vaginosis bakteri sehingga keputihan bisa terjadi. Tak hanya keputihan, tanda lain yang dapat muncul akibat kondisi tersebut adalah vagina berbau tak sedap dan gatal serta timbul sensasi terbakar saat Anda buang air kecil.

Kopi

Selain makanan penyebab keputihan di atas, kopi juga dapat mengganggu kesehatan vagina Anda. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko infeksi jamur dan mengubah bau cairan dalam tubuh Anda.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *