Gigi bungsu terasa sakit? Yuk, atasi dengan cara ini

By | December 30, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Gigi bungsu muncul saat seseorang berusia 17 hingga 25 tahun. Biasanya, rasa sakit akan Anda alami karena gigi berusaha muncul di permukaan dengan merobek gusi. Selain menyebabkan nyeri, tumbuhnya jenis gigi tersebut juga bisa mengakibatkan sakit kepala dan gusi berdarah.

Tentu saja Anda perlu memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. Apalagi jika rasa sakit yang muncul sampai mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Healthline (healthline.com) merekomendasikan aspirin sebagai obat pereda sakit. Tak hanya itu, sakit kepala akibat gigi bungsu yang tumbuh pun bisa bekurang saat Anda mengonsumsi jenis obat ini. Meski demikian, Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam dosis berlebih.

Menggunakan kompres panas atau dingin juga bisa jadi cara yang perlu Anda coba. Dengan melakukan cara tersebut, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga pembengkakan pun bisa berkurang. Selain memakai aspirin dan kompres, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami, lo.

Baca Juga: Ini resep obat herbal untuk sakit gigi yang mudah dibuat

Air Garam

Salah satu cara efektif untuk meredakan rasa nyeri ketika gigi tumbuh adalah berkumur dengan air garam. Kandungan sodium dalam garam mampu membunuh bakteri dan meningkatkan kesehatan gusi. Dengan begitu, pertumbuhan gigi tak akan menimbulkan masalah kesehatan mulut lainnya.

Lidah Buaya

Lidah buaya jadi salah satu bahan alami untuk mengobati sakit gigi bungsu.

Peradangan di area sekitar pertumbuhan gigi bungsu bisa diatasi dengan memakai lidah buaya. Bahan alami ini juga mampu mengatasi gusi yang terluka akibat tumbuhnya gigi. Rasa dingin yang diberikan lidah buaya akan berperan sebagai pereda nyeri sementara.

Tea Tree Oil

Healthline mengatakan bahwa antibakteri dalam tea tree oil efektif digunakan untuk membasmi bakteri dalam mulut. Karena sangat kuat, sebaiknya jangan menggunakan tea tree oil pada gusi secara langsung.

Baca Juga: Gigi copot, konsekuensi lain dari keganasan virus corona?

Anda perlu mencampurnya dulu dengan minyak kelapa sebelum mengaplikasikannya pada gusi sehingga bakteri bisa hilang. Hal penting lain yang perlu diingat adalah jangan sampai menelan tea tree oil. Jadi, pastikan untuk berkumur supaya tak ada residu yang tertinggal dalam mulut Anda.

Kunyit

Kunyit jadi bahan alami selanjutnya yang berguna untuk mengatasi nyeri akibat pertumbuhan gusi. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan analgesik dan antiinflamasi yang terdapat dalam kunyit.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *