​7 Jenis buah yang baik ibu hamil konsumsi untuk perkembangan janin

By | December 29, 2020


Sehatdong.com – Selama kehamilan, si kecil bergantung pada ibu hamil untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan. Inilah alasan bagi ibu hamil untuk bisa memberikan makanan dengan nutrisi terbaik bagi bayi di dalam kandungan dan diri sendiri. 

Selama kehamilan, penting untuk makan makanan yang seimbang mencakup banyak buah dan sayur. Jenis makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi agar bisa tumbuh dengan sehat. 

Selain itu, makan buah dan sayur juga membantu mencegah sembelit, masalah umum selama kehamilan. 

Baca Juga: ​Kaya vitamin esensial, ini 10 manfaat pisang untuk ibu hamil

7 Jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil

Buah untuk ibu hamil

Dirangkum dari Healthline, berikut jenis buah yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan: 

1. Jeruk

Jeruk membantu ibu hamil tetap terhidrasi dan merupakan sumber asam folat yang bagus. Folat merupakan vitamin B kompleks yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga dengan neural tube defect pada janin. 

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari saat program hamil dan minimal 600 mcg per hari saat hamil. 

Selain itu, jeruk juga merupakan sumber terpercaya vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca Juga: 5 Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengurangi risiko preeklamsia

2. Mangga

Mangga adalah sumber vitamin C selain jeruk dan mengandung vitamin A yang tinggi. Kekurangan vitamin A pada bayi yang baru lahir dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

3. Alpukat

Alpukat memiliki lebih banyak folat dibanding buah lainnya. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. 

Beberapa wanita mengatakan, alpukat membantu meredakan mual. Kemungkinan karena kandungan kalium dan magnesium dalam buah ini.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, masalah yang sering dialami ibu hamil. Kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium.

Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi Anda. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

Baca Juga: ​10 Manfaat pisang untuk ibu hamil: Turunkan risiko cacat lahir dan redakan sembelit



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *