Kandidat Vaksin Covid-19 yang Kabarnya Teruji Baik

By | December 25, 2020

Kandidat Vaksin Covid-19 yang Kabarnya Teruji Baik

Kandidat Vaksin Covid-19 yang Kabarnya Teruji Baik

Kandidat Vaksin Covid- Dunia sedang berlomba-lomba untuk menciptakan vaksin yang dapat menyembuhkan dan memulihkan kondisi yang buruk akibat pandemic tersebut. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan kesehatan dari beberapa negara menciptakan beberapa vaksin untuk menumpas keadaan buruk ini.

Bermacam-macam merk vaksin akan dijadikan kandidat pendistribusian vaksin tahun depan nantinya. Namun dengan satu syarat penting agar vaksin tersebut bisa berjalan dengan baik dan aman digunakan. Tentunya syaratnya adalah harus lolos uji klinis dan pengawasan dari pihak organisasi tertentu.

Dari perolehan data beberapa artikel, terdapat 5 vaksin yang menjadi kandidat utama dalam proses pendistribusian tahun 2021 nanti dan pastinya masih berada di tahapan pengujian lanjut serta tes keefektifannya kepada para relawan.

Vaksin apa saja itu? Berikut adalah deretan vaksin yang menjadi kandidat utama.

Adanya kabar ini membuat dunia tercengang dengan pertanyaan, bagaimana cara dunia mengatasi pandemic seperti ini? Beberapa ahli mengungkapkan bahwa dengan vaksin dunia akan segera membaik dari kondisi yang buruk sebelumnya. Lalu bagaimana perkembangan vaksin covid yang saat ini sedang dilakukan tahap pengujiannya? Berikut adalah beberapa vaksin yang saat ini dipercayai dapat membantu keadaan pandemic ini.

  1. Vaksin Oxford (Buatan Oxford)

Pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksin buatan Oxford dan AstraZeneca sebagai kandidat vaksin yang paling utama dan paling maju dalam hal pengembangannya. Namun sayangnya pengembangan vaksin COVID-19 ini ditangguhkan pada tanggal 8 September karena ada hal gangguan yang memicu sebuah penyakit pada relawan vaksin. Sehingga vaksin Oxford ini akan melakukan proses pengujian kembali.

 

  1. Vaksin sinovac dan Merah Putih

Vaksin ini telah berjalan dan berlangsung hingga saat ini. Kabarnya vaksin ini juga sedang berlangsung dalam tahap fase ketiga. Andaikan vaksin ini segera diketahui hasilnya dan tahapan pengawasannya berjalan dengan mulus. Otomatis vaksin ini akan segera didistribusikan pada awal Januari 2021 nanti.

 

  1. Vaksin Johnson & Johnson (Buatan israel)

Kabar satu dekade lalu, para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, AS, mengembangkan strategi untuk membuat vaksin dari virus yang disebut dengan Adenovirus.

 

Kemudian pihak Johnson & Johnson mengembangkan vaksin untuk Ebola dan beberapa penyakit lainnya. Kini Ad26 juga digunakan sebagai bahan untuk membuat virus corona. Sehingga saat ini Johnson & Johnson sedang melakukan tahap pengujian terus berlanjut.

 

  1. Vaksin Pfizer (Buatan AS)

Perusahaan pihak Amerika Serikat juga melakukan proses pembuatan vaksin untuk ikut andil dalam penciptaan vaksin pencegah virus corona. Berdasarkan data bulan Mei lalu para ahli mengungkapkan bahwa vaksin ini menghasilkan antibodi yang mampu melawan SARS-CoV-2 dan sel kekebalan tubuh.

 

Dalam pengembangan vaksin ini, pihak Pfizer bekerja sama dengan BioNTech dari Jerman dan Fosun Pharma dari Tiongkok. Pada bulan Juli yang lalu juga vaksin ini melakukan uji klinis fase II/III yang dilakukan terhadap 30.000 relawan di AS, Argentina, Brazil, dan Jerman.

 

  1. Vaksin Moderna

Perusahaan bioteknologi milik Amerika Serikat juga turut bergerak dalam pengembangan vaksin virus corona. Pihak moderna ini mengajak kerja sama dengan National Institutes of Health (NIH) untuk membuat vaksin potensial. Vaksin moderna ini telah melewati beberapa tahapan uji klinis dan saat ini juga masih berada dalam tahap pengujian dan pengawasan agar teruji baik saat digunakan.

5 vaksin diatas menjadi kandidat utama dari beberapa vaksin. Kabarnya kelima vaksin ini akan segera didistribusikan pada awal tahun 2021 jika hasilnya terlintas baik dan aman digunakan oleh banyak orang.

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien. HaloDoc menyediakan fitur konsultasi medis melalui video call (teleconsultation), pembelian obat melalui Apotik Antar (Apotik Berbasis Layanan Online), serta pemeriksaan lab secara on-demand.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *