4 Manfaat jambu air, bisa cegah kanker dan dehidrasi

By | December 25, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Jambu air cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tak hanya itu, manfaat jambu air juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah pertumbuhan sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan demam.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam jambu air. Mulai dari vitamin C, serat, vitamin A, kalsium, potasium, dan sulfur. Tak hanya itu, jambu air juga memiliki kandungan riboflavin, vitamin B12, zat besi, mangan, dan zinc.

Mengutip dari Fashion Lady (fashionlady.in), Anda bisa mendapat 29 mg kalsium, 123 mg potasium, dan 13 mg sulfur dari 100 g jambu air. Kandungan-kandungan itulah yang membuat jambu air sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengontrol Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi jambu air perlu dilakukan secara rutin. Hal itu disebabkan karena kandungan di dalamnya, yaitu alkaloid dan jambosin, mampu mengontrol perubahan zat tepung menjadi gula. Artinya, kondisi penderita diabetes menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Ini manfaat daun jambu biji sebagai obat herbal

Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam jambu air tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Serat mampu Mengatasi susah buang air besar atau sembelit yang sedang Anda alami. Dengan mengonsumsi jenis buah ini secara rutin, buang air besar Anda juga bisa menjadi lebih lancar.

Fashion Lady mengatakan, biji jambu air bisa mengatasi diare dan disentri. Jadi, bisa dikatakan bahwa manfaat jambu air berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Cobalah untuk mengolah jambu air menjadi berbagai macam hidangan, seperti salad atau hidangan lain.

Mencegah Kanker

Untuk mencegah pertumbuahn sel kanker, cobalah untuk mengonsumsi jambu air secara rutin. Jenis buah ini mengandung 22.3 mg vitamin C yang mampu memenuhi 37% kebutuhan harian tubuh akan vitamin itu.

Baca Juga: Berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh Anda

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Ketika jumlah radikal bebas berkurang, risiko pertumbuhan sel kanker pun bisa menurun. Dengan begitu, memasukkan jambu air dalam menu makan sehari-hari perlu Anda coba.

Mencegah Dehidrasi Selama Hamil

Salah satu manfaat jambu air adalah mencegah dehidrasi selama kehamilan.

Mual saat hamil merupakan hal yang wajar dialami oleh banyak calon ibu. Namun, hal itu dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk menghidari hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi jus jambu air. Selain mencegah dehidrasi, kandungan vitamin dan mineral jambu air juga berguna selama kehamilan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *