4 Manfaat lobak untuk kesehatan, banyak mengandung vitamin C

By | December 24, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Lobak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Mulai dari serat, vitamin C, antioksidan, dan mineral serta vitamin lainnya. Beberapa manfaat lobak yang bisa Anda dapat antara lain mengontrol tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa lobak mengandung banyak serat. Artinya, mengonsumsi lobak secara rutin dengan porsi yang pas bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Selain mengandung serat, lobak juga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, magnesium, zat besi, dan lain-lain. Kandungan itu memungkinkan tubuh untuk tetap sehat dan mampu menghindari berbagai macam masalah kesehatan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat lobak adalah berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Lobak mengandung antosianin yang dapat membuat jantung bekerja secara normal dan optimal. Selain itu, lobak juga memiliki banyak flavonoid dan asam folat sehingga efeknya pada jantung semakin maksimal.

Baca Juga: Ternyata, bengkoang berguna untuk diabetes

Dengan mengonsumsi lobak secara rutin, tak hanya membuat jantung bekerja secara normal, tapi risiko penyakit jantung pun menurun. Apalagi jika Anda melakukan pola hidup sehat lainnya, seperti menghindari alkohol dan rokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.

Mengontrol Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi lobak secara rutin. Kandungan potasium dalam lobak mampu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah Anda. Selain itu, aliran darah juga menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dikatakan, lobak mengandung banyak vitamin C. Hal itu menunjukkan bahwa sumber makanan itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Saat sistem imun kuat, risiko terkena penyakit, seperti flu, batuk, dan demam, bisa menurun.

Baca Juga: Konsumsi serat agar tubuh kian sehat

Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, Food NDTV mengatakan bahwa lobak juga mampu melawan radikal bebas dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Untuk mendapat manfaat lobak tersebut, usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Jika Anda mengalami banyak masalah kulit, seperti komedo, wajah kusam, dan jerawat, ada baiknya untuk mengatasi masalah itu dengan lobak. Hal yang sama juga berlaku untuk masalah rambut Anda. Dengan menggunakan lobak, ketombe dan rambut rontok bisa teratasi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *