4 Cara mengobati biduran, bisa pakai bahan alami

By | December 24, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Biduran adalah salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya ruam dan gatal. Biasanya, kondisi tersebut terjadi karena pengaruh stres, jenis obat tertentu, sinar matahari, atau alergi. Ada beberapa cara mengobati biduran yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

Hindari Produk Tertentu

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan supaya biduran cepat hilang adalah dengan menghindari produk tertentu, seperti sabun atau produk perawatan kulit lain. Produk-produk tersebut bisa membuat iritasi sehingga memperparah biduran di kulit.

Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, penting untuk mencari produk perawatan yang khusus dibuat untuk tipe kulit Anda. Produk tersebut mengandung pewangi atau zat kimia yang lebih sedikit. Atau bahkan tak mengandung zat kimia apa pun sehingga tak menimbulkan iritasi.

Kompres Dingin

Cara mengobati biduran selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai kompres dingin. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa memakai kompres dingin dapat meredakan iritasi yang Anda alami.

Baca Juga: Ini 6 cara menghilangkan rasa nyeri asam urat dengan cepat

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup sederhana. Pertama, siapkan es batu atau sayuran dingin lalu balut dengan handuk. Tempelkan kompres dingin itu pada area kulit yang biduran selama 10 menit. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai biduran menghilang.

Lidah Buaya

Salah satu cara mengobati biduran adalah dengan memanfaatkan lidah buaya.

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi biduran. Meski demikian, lidah buaya bisa menyebabkan iritasi untuk kulit Anda. Maka dari itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter atau melakukan uji coba terlebih dahulu.

Caranya, oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang tak terkena biduran. Jika dalam waktu 24 jam tak ada reaksi iritasi apa pun yang muncul, Anda bisa memakai lidah buaya untuk mengurangi biduran. Anda bisa menggunakan bahan alami itu sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Baca Juga: ​Cara mengatasi kutu rambut pada anak

Dapsone

Jika biduran yang Anda alami semakin parah, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat. Healthline mengatakan bahwa biasanya dokter akan meresepkan dapsone, salah satu jenis antibiotik yang berbentuk obat oral atau bisa dipakai langsung di kulit.

Cara mengobati biduran dengan dapsone cukup efektif, apalagi jika biduran disebabkan oleh infeksi bakteri. Kandungan dalam dapsone akan mengatasi inflamasi atau peradangan yang dikarenakan biduran.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *