5 Manfaat kapulaga, bisa jadi penurun darah tinggi

By | December 23, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Kapulaga adalah jenis rempah yang dipakai untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, manfaat kapulaga juga berguna untuk kesehatan Anda, lo. Mulai dari menurunkan darah tinggi, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengurangi bau mulut, dan lain sebagainya.

Penurun Darah Tinggi

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi kapulaga secara rutin. Mengutip dari Healthline (healthline.com), tekanan darah orang dewasa yang hipertensi turun setelah mengonsumsi 3 g bubuk kapulaga setiap hari selama 12 minggu.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan hal itu adalah adanya kandungan antioksidan dan efek diuretik yang dimiliki kapulaga. Efek diuretik menyebabkan intensitas buang air kecil meningkat sehingga jumlah cairan di sekitar jantung pun berkurang.

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan membuktikan bahwa kapulaga berguna untuk mengaktifkan enzim yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, manfaat kapulaga juga berguna untuk melawan tumor. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lain untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: Ini obat herbal asam lambung yang bisa Anda buat sendiri di rumah

Mengurangi Bau Mulut

Apakah Anda memiliki masalah bau mulut? Jika iya, tak ada salahnya untuk menggunakan kapulaga sebagai solusi dari kondisi tersebut. Selain menyegarkan bau mulut, kapulaga juga mampu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Healthline mengatakan, manfaat tersebut berasal dari kemampuan kapulaga melawan bakteri di mulut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga mampu melawan lima bakteri penyebab gigi berlubang.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat kapulaga adalah mengurangi ukuran lingkar pinggang.

Cara menurunkan berat badan juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kapulaga, lo. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 80 wanita penderita obesitas, mengonsumsi kapulaga secara rutin mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang.

Baca Juga: Ini manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh Anda

Mengobati Infeksi

Karena memiliki kandungan antibakteri, manfaat kapulaga berguna untuk melawan infeksi di tubuh Anda. Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak kapulaga dan essential oil terkadang lebih efektif mengatasi bakteri E. coli dan Salmonella penyebab keracunan makanan daripada obat biasa.

Jenis bakteri lain yang bisa dilawan oleh ekstrak kapulaga dan essential oil adalah bakteri Campylobacter yang menyebabkan inflamasi dan iritasi perut. Namun, masih diperlukan uji coba lain yang lebih efektif untuk membuktikan efek kapulaga tersebut.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *