4 Manfaat kunyit untuk wajah

By | December 22, 2020


Sehatdong.com – JAKARTA. Manfaat kunyit untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bernama curcumin. Ada banyak kegunaan kunyit yang bisa Anda rasakan, seperti mengobati jerawat, mengurangi lingkar hitam bawah mata, mencegah munculnya tanda penuaan, dan lain-lain.

Mengatasi Lingkar Hitam di Bawah Mata

Apakah Anda memiliki lingkar hitam di bawah mata? Jika iya, Anda perlu segera mengatasinya karena kemunculan lingkar hitam di bawah mata bisa mengganggu penampilan. Ada banyak produk perawatan yang bisa Anda coba, salah satunya adalah menggunakan kunyit.

Melansir Best Health (besthealthmag.ca), kandungan antiinflamasi yang terdapat pada kunyit mampu mengatasi kemunculan lingkar hitam di bawah mata. Kunyit juga mampu menstimulasi aliran darah di kulit wajah sehingga lingkar hitam di bawah mata bisa berkurang. Begitu pula dengan puffy eyes.

Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat kunyit untuk wajah juga berguna untuk mengobati jerawat sekaligus mengatasi bekasnya karena mengandung antiseptik dan antiinflamasi. Antiseptik bertugas untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Sedangkan antiinflamai berfungsi untuk mengurangi kemerahan saat jerawat muncul.

Baca Juga: 6 Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh Anda

Untuk memaksimalkan manfaat kunyit, Anda bisa mengkombinasikannya dengan madu. Pertama, campurkan kunyit dan madu dengan ukuran yang sama. Pakai campuran itu pada jerawat dan bekasnya lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Mencegah Tanda Penuaan

Salah satu manfaat kunyit untuk wajah adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan. Selain karena bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan juga dapat timbul karena efek paparan sinar matahari. Beberapa tanda penuaan yang bisa Anda alami adalah noda hitam, garis halus, kerutan, dan kulit jadi tak elastis.

Best Health mengatakan bahwa kunyit bisa dimanfaatkan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Anda dapat mencampur ½ sdt kunyit dengan 1 sdt madu. Gunakan campuran itu pada wajah selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Manfaat timun untuk wajah ini tidak boleh Anda lewatkan

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat kunyit untuk wajah juga bisa dirasakan oleh pemiliki kulit kering. Selain menghidrasi kulit dengan baik, kunyit mampu mempercepat pergantian sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih halus dan lembut.

Selain menggunakannya secara langsung di kulit, Anda juga bisa mendapat kunyit jika mengonsumsinya. Campurkan kunyit pada teh atau makanan yang Anda konsumsi sehari-hari supaya kulit menjadi lebih sehat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *